Forum ABGC bidang Pangan dan Pertanian terbentuk di Bogor

DSC_0381

Masih dalam satu rangkaian dengan kegiatan temu bisnis, pada hari Sabtu, 29 November 2014 IPB menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) kajian pembentukan forum Academic-Business-Government-Community (ABGC) dan forum mitra strategis IPB. Acara yang dilaksanakan di IPB International Convention Center (IPB ICC) ini dihadiri oleh lebih dari 70 orang yang terdiri atas perguruan tinggi, pemerintah pusat dan daerah, swasta dan BUMN, serta perwakilan masyarakat. Hadir memberikan sambutan pada acara tersebut adalah Wakil Rektor IPB bidang Riset dan Kerjasama, Prof. Dr. Anas M. Fauzi dan Sekjen Dewan Pertimbangan Daerah (DPD) RI, Prof. Dr. Sudarsono Hardjosoekarto.

Acara FGD diawali dengan pemaparan materi oleh 3 pembicara, yaitu Deputi Bidang Pendayagunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr. Pariatmono Sukamdo, Direktur Utama PT Bogor Life Science & Technology (BLST), Dr. Meika Syahbana Rusli, Direktur Eksekutif Business Innovation Center (BIC), Kristanto Santosa. Diskusi sesi pagi FGD kajian pembentukan forum ABGC dipimpin oleh Direktur Riset dan Inovasi IPB, Prof. Dr. Iskandar Z. Siregar. Sesi sore dilakukan forum mitra strategis, dimana peserta dibagi menjadi empat kelompok bidang, yaitu 1) pangan dan bioscience; 2) perikanan, kelautan, dan maritim, 3) peternakan, dan  4) perkebunan.

Hasil penting dari FGD ini adalah terbentuknya forum ABGC, khususnya untuk bidang Pangan dan Pertanian dengan usulan nama sementara KITA (Koalisi Inovator Tangguh dan Aplikatif) dengan Sekretariat sementara di PT BLST, Kampus IPB Taman Kencana Bogor. FGD juga menyepakati usulan pengajuan RUU Insentif Inovasi untuk dapat disampaikan ke Dewan Derwakilan Daerah RI melalui Bapak Sekretaris Jendral DPD yang turut hadir dalam FGD.