Helbygum, Cemilan Sehat Karya Mahasiswa IPB

Helbygum, Cemilan Sehat Karya Mahasiswa IPB

Cemilan sehat dan berkhasiat menjadi salah satu poin penting bagi produsen dan kosumen. Berbagai variasi cemilan dari yang sifatnya tradisional hingga berupa produkpengembangan dari makanan khas luar negeri telah ramai di pasaran. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu Nabila Armelinda Kartini, Annisa Febrianty, Nopa Aris Iskandar, dan Yusuf Laduni di bawah bimbingan Dr. Wini Trilaksani membuat cemilan sehat bernama Helbygum. Helbygum dapat dijadikan sebagai makanan penutup dan makanan biasa.

Nabila, selaku Ketua PKM melakukan riset berjudul “HelbygumEksplorasi Fungsional Wisdom of Dessert Terestrial dan Marine Herbal Nusantara”.

“Kami mengkreasikan kudapan manis khas Turki yang dikombinasikan dengan rempah Indonesia dengan branding Indonesian Lokum. Helbygum terbuat dari tepung dan gula yang dikombinasikan dengan rempah manis ala Indonesia seperti almond, mede, dan kacang tanah,”

Helbygum makanan karya mahasiswa IPB ini terdiri dari berbagai varian rasa, yaitu Kelor leaf, Ginger, dan Cinnamon. Varian isinya ada kacang tanah, kurma, mede, dan almond. Kemasan menarik dilengkapi varian rasa yang beragam membuat Helbygum diminati konsumen di berbagai kalangan.

“Kami ingin membuat makanan penutup (dessert) dan makanan ringan (cemilan) sehat terjangkau dengan bahan ala rempah Indonesia yang diolah dengan varian rasa. Helbygum dapat dinikmati oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa. Helbygum untuk banget untuk para traveler, pendaki gunung, pekerja, atlit dan anak muda dengan segudang aktivitas lainnya,” tutur Nabila.

Produk Helbygum dijual di pasaran dengan harga bervariasi yaitu 8 ribu hingga 11 ribu rupiah bergantung varian isi. Harga tersebut cukup terjangkau untuk dinikmati oleh berbagai kalangan. Harapan ke depannya semoga produk ini dapat terus diproduksi dan dapat mengembangkan varian rasa baru. Konsumen yang mengkonsumsi akan memperoleh manfaat berupa cemilan yang lezat, sehat, dan berkhasiat.(UNA/Zul)

Sumber berita : ipb.ac.id