IPB INNOVATION & ENTREPRENEURSHIP EXPO (IIEE) 2018

IPB INNOVATION & ENTREPRENEURSHIP EXPO (IIEE) 2018

 

Latar Belakang

Inovasi dan kewirausahaan menjadi kata kunci penting untuk peningkatan daya saing suatu bangsa, dimana peran inovasi bidang teknologi dan sosial menjadi sangat penting untuk terus ditingkatkan. Berbagai program pengembangan perusahaan rintisan (start-up) terus dilakukan oleh IPB untuk mempercepat proses hilirisasi hasil riset (inovasi) yang telah dihasilkan oleh IPB. Manfaat serta dampak hilirisasi hasil riset (inovasi) IPB sudah dirasakan oleh masyarakat dan mendukung pembangunan ekonomi pertanian dalam arti luas.  Pengembangan model kewirausahaan berbasis teknologi dan sosial (techno-socio-entrepreneurship) di IPB memerlukan dukungan infrastruktur dan kelembangaan yang mapan termasuk didalamnya regulasi yang mendukung.

Melalui usaha yang terstruktur sejak Tahun 2008, IPB telah mempraktekkan proses bisnis hilirisasi inovasi yang melibatkan sinergisme beberapa unit kerja, mulai penelitian, identifikasi hasil penelitian yang bermanfaat, perlindungan kekayaan intelektual terutama paten, promosi inovasi propektif, insentif komersialisasi inovasi prospektif, pendirian calon/perusahaan pemula berbasis teknologi, inkubasi teknologi hingga pembinaan techno-socio-preneur. Indikasi keberhasilan pada tahap awal proses hilirasi melalui “IPB Model” tersebut sudah menghasilkan pembagian manfaat yang adil bagi inovator, unit kerja serta masyarakat pengguna. Model pengembangan yang dimiliki IPB tersebut sudah mulai dikenal oleh berbagai pihak, namun masih pada skala terbatas melalui pelatihan yang bersifat ad hoc. Disisi lain, IPB telah melaksanakan berbagai acara temu bisnis dan pameran, misalnya IPB Investment Summit, IPB Innovation & Entreprenurship EXPO (IIEE), Forum Industri Pangan, dan lain-lain yang keberlangsungannya perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

Tujuan

Dalam rangka memperingati Dies Natalis IPB ke-55 Tahun 2018, kembali IPB akan menyelenggarakan kegiatan diseminasi inovasi dengan judul IPB INNOVATION & ENTREPRENEURSHIP EXPO (IIEE) yang bertujuan untuk: i) Mendayagunakan Kekakayan Intelektual, khususnya paten yang dimiliki IPB (patent expo) ii) Mengkomunikasikan inovasi IPB yang  memasuki tahap rintisan usaha kepada mitra yang berminat (start-up forum), serta iii) Mendiskusikan isu terkini terkait peluang wirausaha dan model bisnis baru di era disrupsi berbasis teknologi dan inovasi sosial (talk show).

Tempat dan Waktu

Kegiatan IIEE 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 5-7 Oktober 2018 di Botani Square, Jl. Raya Pajajaran Bogor.

Bentuk Kegiatan

  1. Pameran

Pameran ini akan menampilkan produk-produk unggulan inovasi (berbasis KI dan non-KI) yang dihasilkan oleh para inovator IPB yang terdiri dari Dosen, Mahasiswa dan Pusat Studi.

  1. Temu Bisnis

Temu bisnis merupakan kegiatan yang mempertemukan antara inventor dan industri, dimana inovator IPB diberi kesempatan untuk menawarkan inovasinya langsung kepada industri. Temu bisnis ini dibagi dalam 5 klaster, yaitu (1) Klaster Pangan; (2) Klaster Energi dan Mesin; (3) Klaster Biomedis; (4) Klaster Pakan dan Bio-fertilizer; (5) Klaster Material maju dan lain-lain.

  1. Entrepreneurship Talkshow

Kegiatan ini akan mendiskusikan isu terkini terkait peluang wirausaha dan model bisnis baru di era disrupsi berbasis teknologi dan inovasi sosial.

Peserta

Peserta kegiatan ini adalah sivitas akademika dan mitra IPB, pemangku kepentingan, pengusaha UKM dan industri, lembaga pembiayaan, dan masyarakat umum.

Pada kegiatan ini, peserta pameran akan menampilkan 39 produk inovasi IPB dan 29 produk dari wirausaha mahasiswa IPB.

 

 

Daftar Peserta Pameran Inovasi
Daftar Peserta Pameran Kewirausahaan