IPB berpartisipasi dalam Pameran Inovasi dan Kreativitas Pembangunan di Pekalongan-Jateng

Foto Pekalongan Expo

Dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-20 tahun 2015, Pemerintah Daerah Kota Pekalongan mengadakan Pekan Batik dan Inovasi yang berlangsung pada Kamis – Senin, 30 Juli – 3 Agustus 2015 di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan. Kegiatan dibuka oleh Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia ke-26, Anies Rasyid Baswedan, Ph.D dan Walikota Pekalongan, Muhammad Basyir Ahmad. Agenda utama Pekan Batik dan Inovasi terdiri atas atas Pameran Inovasi Teknologi dan Kreativitas, Kuliner Pantura, Gemstone dan Batik. IPB merupakan salah satu tamu VIP dalam Pameran Inovasi Teknologi dan Kreativitas. Selain IPB, pameran ini juga diikuti oleh BPPT, PP IPTEK, LIPI, dan instansi daerah baik pemerintah maupun swasta.

Pada pameran tersebut, IPB melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Kantor Biro Hukum dan Humas, serta  Direktorat Riset dan Inovasi (DRI) mengangkat tema “Inovasi & Kreativitas IPB dalam Pembangunan Pertanian” dan menampilkan beragam inovasi karya dosen dan peneliti IPB. Inovasi yang ditampilkan terbagi menjadi 4 kategori yaitu, pertanian, pangan, herbal, serta alat dan teknologi, baik yang telah dikomersialkan maupun yang masih dapat tahap pengambangan. Selain berupa inovasi/teknologi produk, IPB juga menampilkan berbagai buku populer pertanian, perikanan dan peternakan serta menyediakan layanan konsultasi mengenai permasalahan tanaman melalui Mobil Klinik Tanaman. Stand IPB dikunjungi lebih dari 100 orang/hari dari berbagai instansi dan lapisan masyarakat seperti petani, pelajar dan masyarakat umum.

Selain pameran, IPB juga mengikuti kegiatan Talkshow sebagai salah satu rangkaian acara Pameran Inovasi Teknologi dan Kreativitas mengenai klinik tanaman dengan pembicara Bapak Bonjok Istiaji, SP dari Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian. Bapak Bonjok beserta tim klinik tanaman juga mendatangi langsung lahan petani di sekitar daerah pekalongan untuk melihat permasalahan petani dan memberikan solusinya. (Nunu)