Manfaatkan Invensi, IPB University Gandeng Kerjasama dengan PTPN XII

Manfaatkan Invensi, IPB University Gandeng Kerjasama dengan PTPN XII

Dalam rangka komersialisasi invensi dan hasil riset, IPB University berkesempatan menerima kunjungan Tim PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Tim PTPN XII yang terdiri atas 6 orang diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Erika Budiarti Laconi, di ruang Galeri Inovasi IPB di Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lantai 2 pada 16/9. Kunjungan tersebut merupakan hasil tindak lanjut terkait penggunaan produk inovasi IPB University yang dapat dimanfaatkan di PTPN XII.

Di bawah koordinasi Direktorat Inovasi dan Kekayaan Intelektual bekerjasama dengan Fakultas Peternakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknologi Pertanian dan Direktorat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan, tim PTPN XII diajak untuk melihat invensi dan proses teknologi secara langsung di lapangan, terutama pada bidang agribisnis dan agroindustri. Kunjungan lapangan dilakukan pada beberapa tempat di kampus IPB University yaitu tempat pembuatan pakan ternak (Fakultas Peternakan), budidaya kolam ikan air tawar (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), teknologi alat evaporator (Fakultas Teknologi Pertanian) dan Agribusiness and Technology Park (ATP).

Pada kesempatan kunjungan ini sekaligus dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara IPB University dan PTPN XII terkait tridharma perguruan tinggi dan pemanfaatan invensi serta kepakaran untuk pengembangan agribisnis dan agroindustri. Selain itu, fakultas-fakultas terkait juga diberikan kesempatan untuk melakukan pemaparan invensi dan inovasi yang dapat ditawarkan dan dikerjasamakan dengan PTPN XII.

Acara ini dikawal penuh oleh Direktur Inovasi dan Kekayaan Intelektual, Dr Syarifah Iis Aisyah, Kepala Sub Direktorat Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual
Dr I Ketut Mudite Adnyane, dan Kepala Sub Direktorat Pengelolaan dan Komersialisasi Inovasi, Dr. Roza Yusfiandayani. (*)

 

Sumber: IPB Today Volume 249 Tahun 2019