Pelatihan Penelusuran dan Penulisan Deskripsi Paten

Pelatihan Penelusuran dan Penulisan Deskripsi Paten

A. Latar Belakang

Kekayaan Intelektual (KI) merupakan hasil karya dari kecerdasan manusia melalui curahan tenaga, pikiran, daya cipta, rasa serta karsa yang mempunyai nilai atau manfaat ekonomi bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Sebagai suatu kekayaan, KI dikategorikan sebagai aset tak berwujud (intangible asset) yang perlu dikelola dengan baik dengan sistem KI yang telah berlaku secara global. Sistem KI merupakan perlindungan terhadap karya intelektual yang dihasilkan manusia yang berbasis hukum dan digunakan sebagai salah satu instrumen bisnis. Saat ini, terdapat tujuh jenis KI yang telah berkembang dan disahkan melalui Undang-undang oleh Pemerintah Indonesia, yaitu Hak Cipta, Paten, Merek dan Indikasi Geografis, Desain Industri, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST), Rahasia Dagang, dan Perlindungan Varietas Tanaman (PVT).

Paten merupakan salah satu dari tujuh jenis KI yang telah resmi diimplementasikan di Indonesia. Paten sebagai instrumen perlindungan hukum terhadap KI di bidang teknologi menjadi salah satu indikator kemajuan suatu negara, utamanya yang berorientasi pada knowledge based economy. Konsekuensi dari semua itu, semua elemen penghasil ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), termasuk didalamnya perguruan tinggi dan lembaga riset dan pengembangan (risbang) negeri maupun swasta, sudah seharusnya berupaya semaksimal mungkin menerapkan sistem tersebut dalam melakukan kegiatan risbang.

Sosialisasi untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia akan pentingnya sistem KI, khususnya Paten, harus dilakukan secara kontinyu. Upaya-upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas aplikasi paten dari para periset Indonesia terus dilakukan oleh berbagai pihak (Pemerintah, Perguruan Tinggi, Lembaga Risbang pemerintah/swasta) dalam bentuk pameran, seminar, workshop, dan pelatihan, atau bentuk tertulis seperti brosur, poster, buku, dan lain-lain.

Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman tentang sistem KI, khususnya sistem paten, serta meningkatkan kualitas aplikasi paten dari para periset baik dari perguruan tinggi, lembaga risbang pemerintah dan swasta. Salah satu dokumen penting yang sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu permohonan paten adalah dokumen spesifikasi paten atau deskripsi paten yang terdiri atas judul, deskripsi, klaim, abstrak, dan gambar (jika ada). Penulisan deskripsi paten mempunyai aturan/format tertentu dan memerlukan keahlian tertentu terutama dalam penyusunan klaim. Penulisan deskripsi paten yang benar dan tepat akan menentukan lingkup perlindungan paten-nya dan mempengaruhi lamanya waktu pemeriksaan substantif.

 

B. Tujuan

Tujuan kegiatan ini adalah:

  • memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta tentang sistem KI dan informasi terkini terkait sistem KI,
  • meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun spesifikasi dokumen paten (deskripsi paten).

C. Luaran

Kegiatan ini diharapkan menghasilkan luaran berupa:

  • peserta mengerti dan dapat membedakan jenis-jenis KI yang telah resmi diimplementasikan di Indonesia, khususnya paten,
  • peserta mampu menyusun deskripsi paten sesuai dengan ketentuan penulisan spesifikasi dokumen paten,
  • Proposal UBER HKI dan RAIH HKI.

D. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat, 7-8 Februari 2019 bertempat di Ruang Pertemuan IPB Science Park Taman Kencana, Kota Bogor.

E. Peserta

Target peserta sebanyak 30 orang yang terdiri atas para peneliti/dosen di lingkungan IPB yang telah memiliki draft awal deskripsi paten. Mekanisme dan ketentuan untuk mengikuti pelatihan ini sebagai berikut:

  • Melakukan pendaftaran online (e-registration) di website DIK IPB.
  • Mempunyai hasil riset di bidang teknologi dan telah menyusun draft awal deskipsi paten
  • Membawa soft copy draft awal deskipsi paten beserta laptop untuk keperluan praktik. Format penulisan paten dapat diunduh di website DIK IPB (http://dik.ipb.ac.id).
  • Fasilitas yang diperoleh peserta:
  • Sertifikat
  • Konsumsi
  • Koneksi internet

F. Bentuk Kegiatan dan Materi Pelatihan

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk teori dan praktik dengan komposisi teori dan praktik adalah 40% : 60%. Materi yang akan disampaikan pada pelatihan ini adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalaan sistem dan manajemen KI. Materi ini menjelaskan secara singkat pengertian KI dan jenis-jenis KI yang telah disahkan dan diimplementasikan di Indonesia, khususnya sistem paten. Pada sesi ini juga disampaikan secara singkat pengelolaan KI, peran dan fungsi sentra KI mulai dari riset sampai proses alih teknologi.
  2. How to search patent document? Materi ini menjelaskan pengertian penelusuran Paten, tahapan-tahapan secara rinci dan sistematis bagaimana mengakses dokumen paten melalui situs-situs penyedia informasi Paten, dan menyusun analisis kebaruan invensi (persamaan, perbedaan, kelemahan, keunggulan suatu invensi). Materi ini disampaikan dalam bentuk teori dan praktik secara langsung ke situs-situs web penyedia database
  3. How to write patent document (patent drafting)? Materi ini memberikan penjelasan tentang pengertian dokumen paten, prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam menulis dokumen paten, spesifikasi atau aturan/format penulisan dokumen Paten (patent drafting) yang terdiri dari Judul Invensi, Bidang Teknik Invensi, Latar Belakang Invensi, Ringkasan Invensi, Uraian Singkat Gambar (jika disertakan gambar), Uraian Lengkap Invensi, Klaim, Abstrak, dan Gambar (jika ada). Materi ini disampaikan dalam bentuk teori dan praktik. Pada sesi ini peserta diminta langsung memperbaiki draft deskripsi paten dari masing-masing invensi yang dibawa peserta sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam penulisan dokumen paten.

G. Susunan Acara

Pendaftaran daring