Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) atau Science and Technology Park (STP), dibentuk pada tanggal 28 Juli2020 berdasarkan Peraturan Majelis Wali Amanat IPB N06/MWA-IPB/P/2020 Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Institut Pertanian Bogor yang merupakan penggabungan antara Direktorat Kawasan Sains Teknologi dan Inkubator Bisnis (DKSTIB) dengan Direktorat Inovasi dan Kekayaan Intelektual (DIK) yang masing-masing memiliki sejarah perkembangan cukup panjang. DKSTIB berawal dari Pusat Inkubator Agribisnis dan Agroindustri (PIAA-IPB) yang berdiri sejak 1994, sedangkan DIK berawal dari unit pengelola Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau Gugus HKI-LP IPB yang berdiri sejak tahun 1999. Bentuk dan struktur kedua organisasi ini bergerak dan berubah sesuai kebutuhan dan perkembangan institusi dalam merespon tuntutan pemerintah dan industri. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, LKST memiliki dua Wakil Kepala yaitu Wakil Kepala Bidang Inovasi dan Alih Teknologi serta Wakil Kepala Inkubator Bisnis dan Kemitraan Industri.

PIAA-IPB didirikan dalam rangka melakukan pelayanan dan pengembangan pengusaha pemula (startup). Dalam perkembangannya PIAA-IPB berubah nama menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Kewirausahaan (P3K) pada tahun 2005, dan berkembang lagi menjadi Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (incuBie) pada tahun 2011 dibawah lembaga pengabdian pada masyarakat (LPPM) dengan fokus bidang usaha tenant adalah agribisnis dan agroindustri. Pada tahun 2018, Unit Science Technology Park (USTP) dibentuk dibawah struktur Wakil Rektor IV Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan (WRIBK). Selanjutnya pada bulan Januari 2019 dalam rangka efektiitas tugas dan fungsi, Unit STP (dibawah WR IV) dan Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan atau IncuBie (dibawah LPPM-IPB) digabung menjadi Direktorat Kawasan Sains Teknologi dan Inkubator Bisnis (DKSTIB) yang juga masih dibawah koordinasi Wakil Rektor IV bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan berdasarkan Peraturan MWA Nomor 1/IT3.MWA/OT/2019 tertanggal 25 Januari 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja IPB

Direktorat KSTIB membawahi dua Sub Direktorat, yaitu Subdit Kawasan Sains Teknologi (STP) dan Subdit Inkubator Bisnis (incuBie) dengan menjalankan fungsi-fungsi layanan dan inkubator tenant-tenant sebagai pengusaha pemula. Unit pengelola HKI didirikan dengan fungsi utama mengelola Kekayaan Intelektual yang dihasilkan IPB dan tugas utamanya adalah meningkatkan perolehan Kekayaan Intelektual mulai dari pendaftaran permohonan, pemeliharaan sampai dengan upaya hilirisasi atau komersialisasinya, yang awalnya dijalankan oleh Gugus HKILP IPB. Tahun 2001 Gugus HKI-LP IPB berubah menjadi Kantor HKI dan Alih Teknologi Industri-IPB dan sejak tahun 2003 menjadi Kantor HKI IPB di bawah koordinasi Wakil Rektor IV IPB bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama. Tahun 2018-2019 fungsi alih teknologi dijalankan oleh DIK, berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan (Peraturan Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor Nomor 1/IT3.MWA/OT/2019).