Temu Bisnis: upaya IPB dalam mengkomersialkan inovasi

DSC_0225

Tantangan IPB maupun perguruan tinggi dan lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) di Indonesia saat ini dan ke depan adalah melakukan alih teknologi atau komersialisasi hasil riset atau inovasi/teknologi yang telah dihasilkan. Inovasi yang dihasilkan IPB yang berpotensi secara ekonomi dan/atau siap untuk diaplikasikan ke industri atau masyarakat perlu dipromosikan atau didiseminasikan ke berbagai pihak terkait (swasta, pemerintah daerah dan masyarakat luas). Hal ini perlu dilakukan agar inovasi IPB bermanfaat bagi masyarakat, memberikan lapangan kerja dan membentuk wirausaha. IPB terus berupaya untuk meningkatkan “produktivitas” proses promosi/diseminasi/komersialisasi inovasi IPB, khususnya inovasi yang prospektif.

Pada hari Jumat, 28 November 2014, bertempat di Gedung BLST, Science Park IPB, Taman Kencana, IPB menyelenggarakan Temu Bisnis 2014. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Riset dan Inovasi IPB, Direktorat Kerjasama dan Program Internasional IPB, Direktorat Pengembangan Bisnis IPB, Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni IPB, InCubie IPB, dan PT Bogor Life Science and Technology (BLST). Temu Bisnis IPB dihadiri lebih dari 50 orang peserta yang terdiri dari inovator IPB, para pengusaha dari swasta maupun BUMN, dan Pemerintah Daerah. Temu Bisnis tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor IPB bidang Riset dan Kerjasama, Prof. Dr. Anas M. Fauzi. Pada kesempatan temu bisnis ini, Direktur Utama PT BLST (holding company IPB), Dr. Meika Syahbana Rusli, juga menyampaikan rencana pengembangan kampus IPB Taman Kencana sebagai Science Park IPB.

Sesi pemaparan inovasi IPB diisi dengan presentasi business canvas model oleh para inovator IPB. Temu bisnis ini tidak hanya sekedar menawarkan inovasi IPB kepada calon pengguna atau peserta yang hadir, tetapi yang juga penting adalah mendapatkan masukan dari pengguna inovasi yang akan berguna untuk pengembangan riset ke depan. Pada sesi mediasi bisnis, terjadi interaksi secara langsung antara inovator IPB dengan calon pengguna. Selain sesi pemaparan dan mediasi, temu bisnis tersebut juga menampilkan berbagai produk/prototipe inovasi IPB baik yang masih dalam pengembangan mupun yang telah dikomersialkan atau dipasarkan dalam bentuk mini expo. Sesi mini expo juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk berinteraksi secara langsung antara inovator IPB dengan calon pengguna.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan saling menguntungkan antara penghasil riset (IPB) dan calon pengguna atau investor. Dengan demikian inovasi IPB dikenal di masyarakat dan terjalin kerja sama antara IPB dengan calon investor atau pemerintah daerah, baik berupa kerja sama riset maupun kerja sama aplikasi teknologi di industri.