Terus Tingkatkan Kapasitas Inventor, IPB University Menyelenggarakan Klinik Penulisan Deskripsi Paten

Terus Tingkatkan Kapasitas Inventor, IPB University Menyelenggarakan Klinik Penulisan Deskripsi Paten

Salah satu dokumen penting yang sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu permohonan paten adalah dokumen spesifikasi paten atau deskripsi paten. Untuk meningkatkan kemampuan para inventornya dalam menulis deskripsi paten, IPB University menyelenggarakan klinik Penulisan Deskripsi Paten pada hari Kamis-Jumat, 16-17 Juli 2020. Klinik atau pendampingan penulisan deskripsi paten ini merupakan tindaklanjut dari webinar penelusuran dan penulisan deskripsi paten yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2020.

Dr Syarifah Iis Aisyah selaku Direktur Inovasi dan Kekayaan Intelektual IPB dalam sambutannya menyampaikan pentingnya perlindungan Kekayaan Intelektual, khususnya paten sebagai kinerja institusi perguruan tinggi terutama. “Tahun ini IPB menargetkan 100 pendaftaran paten” ujar Dr Syarifah Iis Aisyah. “Pada klinik ini diharapkan dihasilkan draf deskripsi paten yang semifinal sehingga sudah bisa diketahui subyek atau lingkup perlindungan invensinya” lanjutnya.

Fasilitator penulisan deskripsi paten pada pelaksanaan klinik ini adalah tim patent drafter IPB. Peserta klinik penulisan deskripsi paten adalah para inventor IPB yang telah menghasilkan invensi, sebanyak 42 judul invensi yang dibagi menjadi 2 kelompok (hari). Pada pelaksanaannya, peserta dipandu oleh fasilitator tahap demi tahap sesuai dengan sistematika penulisan deskripsi paten. Draf deskripsi paten dari hasil pendampingan yang dinilai memenuhi kriteria paten selanjutnya akan didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).