Tingkatkan Perolehan Paten, IPB University Gelar Pelatihan Penelusuran dan Penulisan Deskripsi Paten

Tingkatkan Perolehan Paten, IPB University Gelar Pelatihan Penelusuran dan Penulisan Deskripsi Paten

Paten merupakan salah satu jenis Kekayaan Intelektual (KI) untuk melindungi invensi berupa teknologi proses (metode) dan/atau produk (peralatan, formula/komposisi, senyawa kimia, jasad renik) atau pengembangannya yang mempuyai fungsi atau solusi teknis atas permasalahan yang ada. Salah satu dokumen penting yang sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu permohonan paten adalah dokumen spesifikasi paten atau deskripsi paten. Untuk meningkatkan kemampuan para inventor dalam menulis deskripsi paten, IPB University menyelenggarakan Pelatihan Penelusuran dan Penulisan Deskripsi Paten pada hari Selasa, 14 Juli 2020.

Dr. Syarifah Iis Aisyah selaku Direktur Inovasi dan Kekayaan Intelektual IPB dalam sambutannya menyampaikan “Pelatihan ini awalnya akan dilaksanakan pada 17-18 Maret 2020, namun tertunda karena kebijakan Pandemi Covid-19, sesuai dengan kondisi ‘new normal’ akhirnya untuk rangkaian kegiatan pertama pelatihan ini dilaksanakan dalam bentuk webinar.” Peserta webinar penelusuran dan penulisan deskripsi paten terbuka untuk umum, dan rangkaian kegiatan keduanya yaitu pendampingan atau klinik penulisan deskripsi paten dikhususkan untuk peserta dari IPB. “Antusiasme para inventor yang terutama terdiri dari dosen, peneliti, dan perekayasa untuk mengikuti acara ini luar biasa, selama enam hari pendaftaran dibuka tercatat 1.318 orang yang telah mendaftar”, ujar Dr Syarifah Iis Aisyah. “Sebaran pesertanya dari Aceh sampai Papua”, lanjutnya.

Webinar Penelusuran dan Penulisan Deskripsi Paten ini dibuka oleh Prof Dr Erika B. Laconi selaku Wakil Rekor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan IPB. Prof Dr Erika B. Laconi sangat menekankan pentingnya perlindungan Kekayaan Intelektual, khususnya paten sebagai kinerja institusi perguruan tinggi terutama dalam proses komersialisasi inovasi. “Semua hasil riset berupa invensi ke depan perlu ditingkatkan menjadi inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau industri, tapi harus dilindungi dulu dengan KI atau paten, harus diurus dulu pendaftaran patennya” ujar Prof Dr Erika B. Laconi. “Pelatihan ini dapat membantu permohonan paten agar pada saat didaftarkan ke DJKI Kemenkumham tidak tertolak dan dapat granted”, lanjutnya.

Hadir sebagai narasumber pada webinar Penelusuran dan Penulisan Deskripsi Paten adalah Drh. I Ketut Mudite Adnyane, PhD (Kepala Subdit Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual, IPB), Dian Nurfitri, S.Si (Kepala Subdit Pemeriksaan Paten, DJKI Kemenkumham), dan Mhd Hendra Wibowo (Staf/Patent Drafter Direktorat Inovasi dan Kekayaan Intelektual IPB). Drh. I Ketut Mudite Adnyane, PhD menyampaikan materi pengenalan sistem dan manajemen KI, Dian Nurfitri, S.Si menjelaskan tentang bagaimana menyusun spesifikasi paten (patent drafting) dan terakhir Bapak Mhd Hendra Wibowo memberikan panduan kepada peserta bagaimana mencari dan menganalisis dokumen paten (patent searching). Webinar ini dipandu oleh Dr. Roza Yusfiandayani, (Kepala Subdit Pengelolaan dan Komersialisasi Inovasi, IPB).

Pelatihan Penelusuran dan Penulisan Deskripsi Paten secara rutin dilaksanakan setiap tahun oleh IPB University. Pelatihan ini diharapkan menghasilkan luaran (output) berupa draf deskripsi paten yang siap untuk diajukan dalam program insentif paten dan dilanjutkan ke proses pendaftaran paten. Pelatihan ini menjadi salah satu upaya untuk mendapatkan input deskripsi paten dalam rangka meningkatkan perolehan paten IPB University, yang tahun 2020 ini ditargetkan sebanyak 100 permohonan paten.