Workshop Perlindungan Varietas Tanaman (PVT)

Workshop Perlindungan Varietas Tanaman (PVT)

Latar Belakang

Di bidang varietas tanaman, hak perlindungan varietas tanaman (PVT) bukanlah sistem atau mekanisme perlindungan satu-satunya atas suatu varietas tanaman. Suatu varietas tanaman dapat dilindungi dengan beberapa sistem perlindungan yang tersedia di Indonesia, yaitu hak PVT, pendaftaran varietas, dan pelepasan varietas tanaman. Hak PVT merupakan hak yang diberikan kepada pemulia dan/atau pemegang hak PVT untuk menggunakan sendiri varietas hasil pemuliaannya atau memberi persetujuan kepada orang atau badan hukum lain untuk menggunakannya selama waktu tertentu (UU No. 29/2000). Pendaftaran varietas tanaman merupakan kegiatan mendaftarkan suatu varietas untuk kepentingan pengumpulan data mengenai varietas lokal, varietas yang dilepas dan varietas hasil pemuliaan yang tidak dilepas, serta data mengenai hubungan hukum antara Varietas yang bersangkutan dengan pemiliknya dan/atau penggunanya (PP No. 13/2004). Pelepasan varietas tanaman adalah pengakuan pemerintah terhadap suatu varietas baru hasil pemuliaan dan atau introduksi yang dinyatakan dalam Keputusan Menteri Pertanian bahwa varietas tersebut merupakan varietas unggul yang dapat disebarluaskan (Kepmentan No. 902/Kpts/TP.240/12/1996).

Ketiga mekanisme perlindungan di atas (hak PVT, pendaftaran varietas, dan pelepasan varietas tanaman) perlu dipahami oleh para peneliti/pemulia tanaman dan pengelola KI di Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang, terutama yang bergerak di bidang pertanian. Untuk itu, dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) peneliti/pemulia tanaman dan pengelola Sentra KI, Pusat PVT dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menyelenggarakan Workshop Perlindungan Varietas Tanaman (PVT).

Waktu dan Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada Kamis, 19 Juli 2018 bertempat di Gedung Executive Development Training Center (EDTC) Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB, Kampus IPB Baranangsiang, Jl Raya Pajajaran, Bogor.

Peserta

Target peserta kegiatan ini sebanyak 50 orang yang terdiri atas dosen, peneliti, pemulia tanaman, pengelola sentra atau unit pengelola KI, dan mahasiswa, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Melakukan pendaftaran online (e-registration) di website DIK IPB.
  2. Waktu pendaftaran dan pembayaran biaya (pengiriman bukti pembayaran) kepesertaan paling lambat tanggal 13 Juli 2018 (early bird) dan 17 Juli 2018 (reguler).
  3. Biaya investasi:
    • Tidak dikenakan biaya (Free) untuk kuota 25 orang:
    – 15 orang staf IPB (dosen/peneliti/tenaga kependidikan)
    – 5 orang mahasiswa IPB
    – 5 orang staf Kementerian Pertanian (Kementan)
    • Mahasiswa dan Umum (early bird): Rp. 350.000, sampai dengan 13 Juli 2018
    • Mahasiswa dan Umum (reguler) : Rp. 500.000, sampai dengan 17 Juli 2018
  4. Biaya investasi dikirimkan ke Bank BNI 46 a.n Rektor IPB CQ Dit Inovasi dan Kewirausahaan, No. Rek. 3889675.
  5. Fasilitas yang diperoleh peserta:
    • Materi workshop
    • Sertifikat
    • Konsumsi

Susunan Acara

SEKRETARIAT PANITIA
Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan Institut Pertanian Bogor (DIK IPB)
Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 5
Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680
Telp./Fax : +62 251-8624512
e-mail : dik@apps.ipb.ac.id, Website : http://dik.ipb.ac.id