Studi Banding ke Bandung Techno Park: Menilik Perkembangan Techno Park di Indonesia

DSC_0088

Tim Perencanaan Galeri Inovasi Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan studi banding ke Bandung Techno Park (BTP) pada Senin, 7 Juli 2014. Kunjungan ini dalam rangka Pengembangan Program dan Muatan Galeri Inovasi IPB. Kunjungan IPB ke BTP disambut hangat oleh Manager Administrasi dan Umum, Bapak Warsino dan tim. Rombongan IPB dipimpin langsung oleh Prof. Iskandar Z. Siregar selaku Direktur Riset dan Inovasi (DRI) IPB. Adapun tim lain yang ikut serta dalam kunjungan adalah Dr. Deni Noviana (Kasubdit HKI dan Inovasi), Dr. Nurul Khumaida (Kasubdit Agenda Riset dan Publikasi DRI IPB), Dr. Aji Hermawan (Direktur RAMP IPB), Dr. Rokhani Hasbullah (Ketua Divisi Inkubasi Bisnis, Incubie IPB), Dr. Chusnul Choliq (Kasubdit Perencanaan dan Pengembangan Bisnis, Direktorat Pengembangan Bisnis IPB), Ir. Qodarian Pramukanto, M.Si (Dosen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian IPB), serta 2 orang staf DRI IPB.

Bandung techno park merupakan suatu lembaga independen yang fokus dalam mengembangkan ICT (Information & Communication Technology). BTP saat ini berperan sebagai lembaga intermediator yang menjembatani hubungan antara A-B-G-C (Academic-Business-Government-Community). Lembaga yang dibentuk oleh Yayasan Telkom Indonesia ini didirikan pada tahun 2006 namun baru diresmikan pada tahun 2010 oleh Menteri Perindustrian saat itu. Saat ini, BTP sedang dalam tahap pembangunan gedung ke 3 dari 11 gedung yang direncanakan akan menjadi kawasan BTP dengan total luasan 5 ha. Pembangunan 11 gedung tersebut akan dipergunakan sebagai gedung training, gedung tenant, gedung pameran serta gedung yang difungsikan sebagai kantor dan pengembangan produk. BTP bekerjasama dengan beberapa stakeholder dalam pengembangannya seperti pemerintah (Kementrian Perindustrian, Kementrian Riset dan Teknologi, dll) dan universitas (Telkom University). BTP juga bergabung dalam ASPA (Asia Science Park Association) untuk membangun jaringan dengan Negara lain.

Melalui kunjungan ke BTP, IPB memperoleh masukan dan saran mengenai program pengembangan Science Park yang juga sedang digagas oleh PT. BLST IPB. Dengan semakin berkembangnya techno park dan science park di Indonesia, harapannya Indonesia mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang siap digunakan oleh industri, membangun jaringan yang baik dengan industri dan pemerintah serta mampu bersaing secara internasional.