ASEAN STI Exhibition 2014

IMG_9599

Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia menyelenggarakan The Ninth Asean Science and Technology Week 2014 di Botani Square pada 18-27 Agustus 2014. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI dengan kementerian riset dan teknologi dari Negara-negara ASEAN. Salah satu dari rangkaian kegiatan tersebut adalah ASEAN STI Exhibition 2014 yang diselenggarakan pada 22-25 Agustus 2014 di Lobby Utama Botani Square Mall. Exhibition ini terdiri atas 30 booth yang diikuti oleh Negara-negara ASEAN dan beberapa Negara lain diluar ASEAN seperti China, Jepang, dan Uni Eropa.

Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi salah satu peserta yang berasal dari Negara Indonesia selain Kemenristek, LIPI, LAPAN, BMKG, BIG (Badan Informasi Geospasial), Ctech Lab, dan Pemerintah Daerah Bogor. Inovasi yang ditampilkan dalam booth IPB diantaranya adalah produk unggulan pangan seperti beras analog, produk biomedis, varietas unggulan serta buah dan sayur organik dari Agribusiness Development Station (ADS). Produk jambu Kristal dan permen cajuput menjadi icon dan favorit dalam booth IPB yang paling banyak menarik perhatian pengunjung.

Kegiatan exhibition ini dibuka dan ditutup oleh Menteri Riset dan Teknologi RI, Gusti Muhammad Hatta, yang berkunjung ke setiap booth pada pembukaan dan penutupan exhibition. Pada saat kunjungan, beliau juga didampingi oleh menteri dan delegasi dari Negara-negara ASEAN. Melalui kegiatan ASTW 2014, Indonesia ikut berkontribusi dalam pengembangan riset dan teknologi ASEAN yang akan meningkatkan kualitas perkembangan ilmu dan pengetahuan dunia.