Peluncuran Inovasi IPB Terpilih dan Bakti Sosial Lingkar Kampus

Launching_Inovasi

Peluncuran Inovasi IPB Terpilih dan Bakti Sosial Lingkar Kampus  dalam rangka Dies Natalis IPB ke-51

”Diseminasi dan Difusi Inovasi IPB untuk Mendukung Pengarusutamaan Pertanian”

 

Seperti dijelaskan dalam Rencana Strategis IPB 2014-2018 bahwa IPB saat ini merupakan perguruan tinggi yang menghasilkan inovasi terbanyak di Indonesia. Hal ini terlihat dari prestasi IPB di bidang inovasi, dimana dalam 7 (tujuh) tahun terakhir (2008-2014), IPB mendominasi daftar Karya Inovatif Indonesia Paling Prospektif hasil seleksi Bussiness Innovation Center (BIC). Selama tujuh tahun tersebut dari total 721 inovasi Indonesia paling prospektif sebanyak 278 inovasi merupakan karya inovatif yang dihasilkan oleh para inovator IPB atau sekitar 38,56%.

Tantangan terbesar IPB maupun perguruan tinggi dan lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) di Indonesia saat ini dan ke depan adalah melakukan alih teknologi atau komersialisasi inovasi yang telah dihasilkan. Di satu sisi, masih banyak hasil riset perguruan tinggi yang belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat ataupun industri, masih skala Lab., “baru”, belum teruji, dan memiliki resiko tinggi. Di sisi lain, masih sedikit industri yang mau terlibat sejak awal riset, industri lebih tertarik terhadap inovasi yang telah teruji dan siap diaplikasikan. Beberapa kebijakan dan program insentif yang disediakan oleh Pemerintah juga belum termanfaatkan dan belum berjalan optimal.

Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya-upaya yang tidak hanya bersifat strategis tetapi juga teknis, berkelanjutan, dan terintegrasi atau bersinergi diantara pihak-pihak yang terkait, yaitu perguruan tinggi atau lembaga litbang, industri, pemerintah, dan masyarakat (Academic-Business-Government-Community/ABGC). Secara teknis, IPB terus berupaya untuk meningkatkan “produktivitas” proses diseminasi hasil riset dan inovasi IPB, khususnya inovasi yang prospektif, antara lain dengan menerbitkan buku profil inovasi prospektif IPB dan pameran inovasi yang interaktif untuk menjembatani, meghantarkan dan mengkomunikasikan (mediasi) inovasi IPB kepada calon pengguna (industri dan masyarakat). Keberhasilan sinergi ABGC diharapkan menjadikan Indonesia mandiri teknologi dan pertumbuhan ekonomi dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan inovasi dalam negeri. Untuk itu, dalam rangka Dies Natalis IPB ke-51, IPB menyelenggarakan Peluncuran Inovasi IPB dan Bakti Sosial Lingkar Kampus dengan tema Diseminasi dan Difusi Inovasi IPB untuk Mendukung Pengarusutamaan Pertanian”.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan peluncuran inovasi IPB terpilih dalam bentuk diseminasi dan difusi inovasi IPB untuk mendukung pengarusutamaan pertanian. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menguatkan forum ABGC (Academic-Business-Government-Community).

Luaran kegiatan ini adalah Inovasi IPB diketahui oleh masyarakat luas yang akhirnya dapat diaplikasikan baik di masyarakat, industri maupun pada skala UKM. Luaran dalam jangka panjang yang diharapkan adalah keberhasilan sinergi ABGC menjadikan Indonesia mandiri teknologi dan pertumbuhan ekonomi dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan inovasi dalam negeri.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 5 September 2014 bertempat di Agribusiness Development Station (ADS) Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Bogor.