Pengembangan Berkala Ilmiah IPB

LokJuRNAl

(Bogor, 18/6) Selasa, 17 Juni 2014 Lokakarya Pengembangan Berkala Ilmiah (jurnal) digelar dalam rangka mendorong dan meningkatkan kualitas berkala ilmiah IPB. Bertempat di Ruang Sidang Rektor,  Dr. Sri Hendrastuti Hidayat hadir sebagai pembicara mewakili Jurnal Fitopatologi Indonesia. Dalam presentasinya beliau menyampaikan mengenai pengalaman jurnal yang dikelolanya dalam menuju akreditasi nasional.

Selanjutnya, Prof.  I Komang Gede Wiryawan menyampaikan mengenai pengalaman jurnalnya dalam indeksasi dan akreditasi internasional. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai inisiasi Pembentukan Asosiasi Pengelola Berkala Ilmiah di IPB. Hal ini mendapat respons positif dari para peserta lokakarya yang terdiri dari ketua dewan redaksi, editor dan administrasi pelaksana berkala ilmiah di Lingkungan IPB.

Pada sesi berikutnya, 16 pengelola berkala ilmiah yang telah mendapatkan bantuan penerbitan pada tahun anggaran 2013 diberi kesempatan untuk menyampaikan laporan kemajuannya. Terdapat 2 (dua) hal utama yang menjadi kendala pada paparan mereka, (1) Pentingnya support pengelola administrasi tetap dari IPB; (2) Kualitas jaringan internet IPB, terutama bagi para jurnal yang akan mengajukan akreditasi nasional dan internasional.Sesi ini kemudian dilanjutkan dengan pembahasan laporan kemajuan oleh reviewer internal IPB, yaitu Prof. Suminar S. Achmadi dan Prof. Wasmen Manalu. Keduanya memberikan apresiasi dan saran perbaikan untuk kemajuan pengembangan jurnal-jurnal tersebut.

Acara ini berlangsung sukses dengan dihadiri oleh 54 orang peserta yang berasal dari 40 berkala ilmiah di IPB. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan dan kesetiaan peserta hingga akhir acara. Harapan kami, acara ini dapat berkontribusi dalam pengembangan dan kemajuan berkala ilmiah di IPB. (LLK)