SEMINAR NASIONAL HALAL 2016

Picture1Pada tanggal 16 Februari 2016 di IPB International Convention Center telah diselenggarakan Seminar Nasional Halal oleh Halal Science Center, Institut Pertanian Bogor yang difasilitasi oleh Direktorat Riset dan Inovasi serta Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Seminar dibuka oleh Wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama IPB. Kegiatan ini merupakan rangkaian seminar gerakan halal yang telah diadakan sebelumnya di beberapa tempat. Topik seminar adalah Autentikasi dan Manajemen Produk Halal, dengan tujuan harmonisasi stakeholders untuk menjamin produk halal dengan keynote speech dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti yang diwakili oleh Sekretaris Dirjen, yang dilanjutkan paparan tentang gambaran perkembangan sektor halal secara global maupun nasional oleh Prof. Dr. Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Eng.

Seminar terbagi dua sesi yaitu sesi autentikasi dengan narasumber dari IPB, ITB, UGM, dan UB. Adapun narasumber sesi manajemen produk halal adalah dari Direktur LPPOM-MUI, Kepala BSN, Ketua GAPPMI, dan Kepala CIBEST IPB. Disamping itu juga diadakan sesi poster sebagai ajang diseminasi hasil pemikiran dan penelitian.

Peserta yang hadir mencapai 200 orang yang terdiri atas beberapa unsur yaitu perguruan tinggi, perusahaan, balai penelitian, dan instansi pemerintah lainnya yang berasal dari Aceh, Padang, Jambi, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

 

 

Unduh Materi Seminar di Sini